Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.
Bentuk-bentuk pasar :
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar monopoli
3. Pasar persaingan minopolistik
4. Pasar oligopoli
Pasar Persaingan
Sempurna yaitu pasar dimana dalam suatu industry terdapat sangat banyak
penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen
sempurna.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1. Perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price
taker)
2. Perusahaan mudah keluar masuk industri
3. Produk yang dihasilkan semua perusahaan bersifat homogen
4. Terdapat banyak perusahaan di pasar
5. Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Terbentuknya harga di pasar persaingan sempurna Setiap
perusahaan hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker) bukan penentu
harga (price maker). Harga ditetapkan berdasarkan interaksi kekuatan penawaran
(supply) dan permintaan (demand) pasar
Pasar Monopoli adalah
suatu bentuk pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah
perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna
Ciri-ciri pasar monopoli :
1. Dalam industri hanya terdapat sebuah perusahaan
2. Produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang
sempurna
3. Perusahaan baru sulit memasuki industri
4. Perusahaan memiliki kemampuan menentukan harga (price
maker)
5. Promosi iklan kurang diperlukan
Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya monopoli :
1. Memiliki sumberdaya yang unik
2. Perusahaan menikmati skala ekonomis
3. Mendapatkan hak monopoli dari pemerintah : Hak paten, hak
cipta dan Hak usaha ekslusif
Pasar Monopolistis
Suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang
berbeda corak (Differentiated Product) dan pada dasarnya adalah pasar yang
berada diantara dua pasar yang ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli.
Ciri-ciri Persaingan Monopolistis :
1. Terdapat banyak penjual
2. Sifat produk berbeda corak
3. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan dalam mempengaruhi
harga
4. Kemudahan dalam memasuki industri
5. Persaingan promosi penjualan sangat aktif
Keseimbangan Dalam Pasar Persaingan Monopolistis Pengaruh
dari persaingan monopolistis terhadap corak permintaan, dimana kurva permintaan
tidak bersifat elastis sempurna dan kurva penjualan marginal tidak berimpit
dengan kurva permintaan.
Perusahaan mencapai keuntungan maksimal dalam :
• Keseimbangan jangka pendek
• Keseimbangan jangka panjang
Penilaian ke atas persaingan monopolistik
• Efisiensi menggunakan sumber-sumber daya
• Efisiensi dan diferensiasi produksi
• Perkembangan teknologi dan inovasi
• Distribusi pendapatan
Pasar Oligopoli
adalah pasar yang hanya terdiri dari beberapa produsen saja. Jika hanya dua
perusahaan disebut dengan duopoly.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli :
1. Menghasilkan barang standar maupun barang yang berbeda
coraknya
2. Kemampuan menentukan harga ada kalanya kuat ada kalanya
lemah
3. Pada umumnya memerlukan promosi (iklan)
Barang yang dihasilkan :
a. Barang standar, banyak dijumpai pada industry oligopoli
yang menghasilkan bahan mentah (misal aluminium) dan bahan baku (missal semen,
bahan bangunan)
b. Barang berbeda corak (differentiated product), pada
umumnya dijumpai pada industri yang menghasilkan barang akhir (rokok, shampo)
Kemampuan menentukan harga Lemah, jika para oligopolis tidak
bekerja sama. Jika seorang oligopolis menurunkan harga maka penjualannya
meningkat tetapi segera dibalas oleh pesaingnya.
Kuat, jika para oligopolis bekerjasama sehingga harga dapat
distabilkan pada harga yang mereka kehendaki.
sumber :
No comments:
Post a Comment