Tuesday, April 17, 2012

Sebagai Bangsa Timur Apa Yang Harus Kita Lakukan Di Lingkungan Kampus

Tugas Ilmu Budaya Dasar ke-2

1.      Sebagai bangsa timur apa yang harus dilakukan dalam pergaulan sehari-hari di lingkungan kampus ?
Jawab :
Kebudayaan Timur identik dengan kehidupan kerohanian, mistik, kehidupan prelogis, keramahtamahan dan gotong royong sedangkan kebudayaan Barat identik dengan kebendaan, pikiran logis, hubungan asas guna (hubungan hanya berdasarkan prinsip guna) dan individualisme.
o    Berpakaian sopan
Pakaian yang melekat hendaknya tidak terlalu tebuka. Sebagai contoh di budaya Barat berpakaian dengan lengan terbuka adalah hal yang biasa namun sebaliknya bagi bangsa Timur pakaian tersebut dianggap terbuka dan tidak pantas digunakan di tempat umum terutama pada lingkungan kampus.
o    Ramah
Salah satu sifat khas bangsa Timur adalah ramah. Sikap ramah di lingkungan kampus dapat kita tunjukkan kepada teman, dosen, staf kampus, petugas kebersihan/keamanan, dll.
o    Tolong menolong
Setiap manusia dalam hidupnya pasti membutuhkan pertolongan orang lain, begitulan kalimat yang sering diucapkan. Pemikiran bangsa Timur tersebut dapat kita implementasikan di kampus dalam belajar kelompok, apabila ada teman yang menanyakan materi pelajaran yang kita kuasai, kita dapat membantu dengan mengajari pelajaran tersebut.
o    Musyawarah
Musyawarah adalah suatu penyelesaian masalah dengan kekeluargaan. Salah satu contoh yang terlihat di lingkungan kampus adalah saat membuat kesepakatan antara dosen dan mahasiswa tentang metode belajar mengajar dan penilaian selama semester berjalan.
o    Berperilaku santun
Perilaku santun baik dari ucapan dan tingkah laku di lingkungan kampus dapat di wujudkan dengan memperhatikan ucapan dan tingkah laku dengan lawan bicara. Contohnya, saat berbicara dengan dosen cara bicara dan perilaku yang ditunjukkan tidak sama saat kita bicara dengan teman.
Namun hal ini tidak berarti seluruh budaya Barat tidak perlu diambil nilai positifnya. Motifasi kebendaan, berpikir logis, hubungan asas guna dan individualisme Baratlah yang menjadikan mereka bangsa yang mampu berekspansi luas menjelajahi dunia dan banyak melakukan eksperimen yang menghasilkan penemuan-penemuan yang mengawali teknologi di masa kini. Secara positif dapat diartikan bahwa tanpa semangat belajar dan persaingan individu budaya Barat, maka budaya suatu bangsa akan cenderung konstan. Hal inilah yang dapat kita ambil nilai positif dari budaya Barat dalam hal perilaku dalam lingkup akademis di kampus.
 Jadi sebagai bangsa timur seharusnya kita menjadi pribadi yang memiliki dampak yang postif bagi lingkungan dimana kita berada karena kita sudah memiliki dasar yang baik yang di wariskan oleh para leluhur kita sebagai bangsa timur, artinya kita harus menjadi seorang mahasiswa yang tidak hanya passif dalam perkuliahan tapi kita juga harus turut aktif dalam mengikuti banyak kegiatan yang positif baik itu di kampus ataupun organisasi kemasyarakatan yang mebutuhkan kita.

Sumber :

1 comment: